One day in Yogyakarta


Siapa yang tidak tau kota Yogyakarta atau sering di sebut-sebut Jogja istimewa terkenal dengan khas makanannya yaitu gudeg.

Dari kalian pasti sudah pernah berlibur ke kota Yogyakarta untuk melihat ke istimewaan serta keindahan kota tersebut.

Pada artikel kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku satu hari di Jogja istimewa. Pasti terdengar konyol kenapa cuma satu hari di Jogja, kenapa nggak satu minggu atau satu bulan untuk menikmati liburan.

Ya, aku pun sepemikiran tapi dalam satu hari itu membuat pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Bagaimana bisa?

3 tahun yang lalu aku bersama 3 teman ku yaitu Jeje, Pipil, dan Kholil berencana berlibur ke Jogja selama 3 hari dengan mengendarai sepeda motor.

Awalnya kedua orang tuaku melarang untuk bepergian ke Jogja karena kami berempat menggunakan transportasi yang tidak masuk akal yaitu sepeda motor.

Sedangkan kami berempat masih berstatus siswa smk dan belum menerima surat kelulusan. Wajar saja kalau orang tua mengkhawatirkan keselamatan putrinya.

Rencana itu pun tidak berjalan dengan lancer akhirnya kami sepakat untuk mengundur rencana liburan untuk sementara waktu.

Keinginan kami berempat sudah bulat liburan ke Jogja dengan menggunakan sepeda motor, kalau jaman dulu waktu SMK sering di sebut-sebut dengan touring.

Touring yang menurut remaja seuisia 17 tahun sangatlah mengesankan maka dari itu kami ingin merasakan.

Tepat setelah kelulusan aku bersama 3 teman ku Jeje, Savina dan Kholil kembali membuat rencana ke Jogja.

“ayok saatnya kita touring ke Jogja” Ajakan Kholil kepadaku dan 2 teman lainnya

“mama papa ku melarangku lagi pasti, tau sendiri bagaimana kedua orang tuaku” ucapku

“Iya aku juga takut sama mama Ita, ya nggak je” saut Pipil

Ita Sofia nama mamaku mereka memanggil dengan sebutan mama Ita.

“atau gini saja, gimana kalau kamu ngomong kita naik mobil saja ke Jogja” imbuh Kholil

“sama saja nanti kalau ketahuan pasti pulangnya aku kena marah seperti kejadian waktu itu ke
semarang  kan” Jawabku

Sedikit cerita dulu aku juga sempat diam-diam bepergian ke Semarang tapi setelahnya kedua orang tuaku tau bahwa aku pergi ke Semarang mengendarai sepeda motor.

All hasil oleh-oleh yang aku beli dibuang begitu saja serta omelan yang bertubi-tubi sampai teman yang mengantarkan aku pulang ke rumah pergi begitu saja.

Itu pengalaman pertama kali touring waktu kelas 2 SMK yang sangat berkesan dan tidak terlupakan hehehe

Akhirnya aku pun memberanikan diri untuk meminta ijin ke orang tua agar diperbolehkan touring bersama 3 temanku ke Jogja.

“Pa, Vina boleh nggak ke Jogja naik motor sama temen-temen” Ujar ku sambil menyodorkan segelas kopi

“Siapa saja? Emang tau jalan, kalau nyasar bagaimana?” Jawab Papa sambil menyeduh kopi

“Kholil, Jeje, Pipil boleh ya boleh” aku berusaha merayu

“tanya mama kamu, kalau papa yang penting kamu bisa jaga diri dan hati-hati”

“Yes,, papa sudah memberi lampu hijau buatku sekarang giliran mama smeoga, semoga” dalam hati aku berkata

Ke esokan harinya aku memberi informasi ke temen-temen karena aku dapat ijin dari Papa.

“Aku di bolehin ni sama papa, tapi nggak tau mama” Ujar ku dengan nada lirih

“Wah, serius akhirnya…” Jeje dan Pipil pun menjawab bersamaan

Sepulang dari sekolah aku memberinikan diri kembali untuk meminta ijin ke mama.

“Ma, Vina minggu depan ijin ya ke Jogja sama Kholil, Pipil dan Jeje” Ucap ku sambil memberi senyuman

“Nggak, naik motor lagi kan pasti kalian” Tegas mama menjawab

“Iya, kan Vina udah gede pengen ngerasain touring ke Jogja”

“Boleh ya boleh ma” aku pun berusaha meyakinkannya

“Terserah Vina aja, papa gimana? Kalau papa tau pasti Vina kena marah papa” Tanya mama

“Vina udah ngomong sama papa katanya tanya mama”

“yasudah, hati-hati di jalan nggak usah kebut-kebutan” Ucap mama yang menenangkan hati ku
Akhirnya aku bisa touring ke Jogja bersama 3 temanku.

Hari yang di tunggu-tunggu tiba, tepatnya hari jumat sore aku bersama 3 temanku berangkat buat touring ke Jogja istimewa.

Perjalanan dari kota Pekalongan ke Kota Yogyakarta kurang lebih menempuh waktu 6jam perjalanan itu belum termasuk sama saat beristirahat di tengah-tengah perjalanan.

Setelah menempuh perjalanan yang begitu panjang melewati tebing-tebing yang tinggi dan suara jangkrik dan hewan lainnya terdengar di telinga.

Akhirnya sampai juga di kota Yogyakarta, wah selamat datang di Jogja istimewa.

Sesampainya di sana kami berempat tak sempat mandi karena kami di Jogja hanya satu hari dan tidak memesan penginapan untuk mandi dan beristirahat.

Setelah berada di Jogja kami berkeliling kota yang tak terlewatkan tentunya kami berkunjung ke Malioboro pusat oleh-oleh khas Jogja berbagai macam semua ada di sana.

Kami berempat mengisi perut di angkringan yang berada di sekitar Malioboro sembari beristirahat meregangkan otot kaki dan punggung.

Kalian pernah dengar sego kucing/nasi kucing? Makanan yang unik dan lezat sekepal nasi yang diberi teri atau tempe kecap yang di sebut-sebut sego kucing.

Harga sego kucing kisaran 1000/bungkus saat itu, serta ada makanan lainnya yaitu sate puyuh, sate keong dan sate-sate lainya serta tahu bacem dan tempe bacem.

Aku menyantap 4 sego kucing, sate telur puyuh dan tahu bacem serta tak lupa es teh manis.

Wah, nikmat sekali..

Aku serta 3 temanku sangat menikmatinya sebelum kami berempat meninggalkan kota Jogja kami menyempatkan untuk membeli oleh-oleh yang khas dari kota ini.

Tak lupa aku dan 3 temanku mengambil foto di tiang yang identik bertulisan Jl MALIOBORO untuk kenangan bahwa kami sudah berani berjalan sejauh ini.

Kebanggan tersendiri bagiku bisa datang ke Jogja bersama teman-teman dengan mengendarai sepeda motor yang menurutku hal yang sangat konyol bisa terjadi.

Setelah membeli oleh-oleh kami berempat langsung melanjutkan kembali perjalanan pulang.

Pengalman yang sangat berkesan one day in Yogyakarta walau beberapa tempat ada yang belum dijangkau, ingin rasanya kembali berlibur ke Jogja dan berlama-lama di sana.

Semoga pandemi COVID-19 segera berlalu dan kita semua yang sudah merencanakan liburan di akhir tahun terlaksana.

Comments

  1. Keren kak ceritanya... Kebetulan saya tinggal dijogja

    ReplyDelete
  2. Jogjabekerja.blogspot.com
    Kunjungi balik kak 😇

    ReplyDelete
  3. Klo 1 hari mah kurang kak,
    😊😊
    1 minggu lah...

    Ntar 1 hari 1 tempat gitu...


    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya nanti nextnya satu minggu di Jogja hehe nunggu pandemi berakhir...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertemuan Jilid 2

Tips Solo Traveling