MENGENAL DIRI SENDIRI




Dengan banyaknya hal dan kejadian yang sudah kita alami hingga detik ini belum tentu membuat kita tahu dengan bagaimana diri kita sebenarnya dan apasi yang sebenarnya kita inginkan?

Dengan adanya social media terkadang membuat kita jadi lebih sering melihat yang ada di luar sana sedangkan kita lupa melihat diri kita sendiri. Padahal diri kita juga butuh untuk dilihat, dipahami dan diselami.

Seperti misalnya kamu sudah mengikuti ratusan seminar motivasi kosultasi dengan motivator-motivator ternama tetapi ketika kamu sudah melakukan itu semua tanpa mengenal diri kamu yang sesungguhnya maka semua itu akan sia-sia.

Ibarat kata gini; kamu ingin mengambil air menggunakan gelas, tapi gelas yang kamu pake buat nampung itu bocor atau ibarat kamu membangun sebuah rumah dengan fondasi yang lapuk. Sewaktu-waktu akan bisa roboh lagi.

Emang sepenting apa mengenal diri sendiri?

Sebetulnya proses mengenal diri adalah hal yang paling basic yang harus kamu lakukan dalam hidup. Kenapa bisa seperti itu? Karena dengan mengenal diri kamu sendiri maka kamu bakal tahu bahwa kamu ini orang yang seperti apa, memiliki berkepribadian yang bagaimana dan apa hal yang kamu suka atau tidak suka.

Tidak hanya itu, mungkin kamu juga bakalan tahu apa kekuatan diri yang bisa kamu gunakan saat menghadapi masalah atau ketika pada saat kamu lagi rentan dan pada akhirnya kamu akan lebih mudah menerima diri kamu sendiri.

Selain itu mengenal diri juga akan membuat kamu tidak mudah iri dengan pencapaian-pencapaian orang lain. Karena semata-mata kamu tahu bahwa setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Kamu akan paham betul bagaimana karakteristik diri kamu dan paham bahwa kehidupan orang lain yang kelihatannya lebih keren itu ternyata tidak cocok dengan value kamu buat. Ibarat bintang dilangit setiap orang akan bersinar dengan caranya sendiri dan pada akhirnya kamu akan lebih mudah merasa bahagia.

Selama aku menghilang beberapa hari terkahir ini aku jadi berfikir pentingnya mengenal diri sendiri dan bagiku mungkin itu tidak mudah.  Tapi dengan cara seperti itu bisa membuat bersyukur dengan hidup yang sedang aku jalani saat ini.

Semoga dengan kamu mengenal diri sendiri bisa membuat kamu setidaknya lebih mudah dalam menjalani hidup kedepannya. Jangan lupa bahagia 😊

No comments:

Powered by Blogger.