Skip to main content

Posts

MENGENAL DIRI SENDIRI

Dengan banyaknya hal dan kejadian yang sudah kita alami hingga detik ini belum tentu membuat kita tahu dengan bagaimana diri kita sebenarnya dan apasi yang sebenarnya kita inginkan? Dengan adanya social media terkadang membuat kita jadi lebih sering melihat yang ada di luar sana sedangkan kita lupa melihat diri kita sendiri. Padahal diri kita juga butuh untuk dilihat, dipahami dan diselami. Seperti misalnya kamu sudah mengikuti ratusan seminar motivasi kosultasi dengan motivator-motivator ternama tetapi ketika kamu sudah melakukan itu semua tanpa mengenal diri kamu yang sesungguhnya maka semua itu akan sia-sia. Ibarat kata gini; kamu ingin mengambil air menggunakan gelas, tapi gelas yang kamu pake buat nampung itu bocor atau ibarat kamu membangun sebuah rumah dengan fondasi yang lapuk. Sewaktu-waktu akan bisa roboh lagi. Emang sepenting apa mengenal diri sendiri? Sebetulnya proses mengenal diri adalah hal yang paling basic yang harus kamu lakukan dalam hidup. Kenapa bisa sepe
Recent posts

Apa itu Reksadana?

Sudah lama aku tidak menulis yang membahas masalah keuangan. Kali ini aku ingin bercerita tentang apa itu Reksadana? buat kamu yang ingin belajar investasi tulisan ini bisa dijadikan bahan refrensi untuk belajar. Aku juga sebetulnya masih seorang pembelajar jadi mari kita sama-sama belajar.  Apa si Reksadana itu? Nah, Reksadana merupakan sebuah paket investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman di pasar modal. Siapa Manajer Investasi itu; lalu, apa tugasnya? Manajer Investasi atau yang sering disingkat MI adalah pihak yang diberikan kewenangan untuk mengelola dana kamu ke dalam prtofolio investasi yang dinamakan reksa dana.  Reksadana sendiri ada beberapa jenis investasi didalamnya seperti saham, obligasi atau pasar uang. Kalau aku pribadi mengalokasikan untuk reksa dana pasar uang. Mengapa begitu? nanti saya akan cerita pada tulisan selanjutnya.  Manajer Investasi yang akan mengelola reksadana juga tidak sembarangan. MI harus mendapatkan izin dar

LOST FOR HEALING

  Jika kalian membaca tulisan ini, mungkin itu tandanya aku sedang berada di suatu tempat yang jauh dari kehidupan manusia yang tidak diketahui oleh banyak orang. Namun nyaman untuk beberapa orang yang ingin menghilang sementara untuk melepas lelahnya menjalani rutinitas kehidupan. Jujur, beberapa bulan belakangan ini aku merasa lelah yang luar biasa; kurasa puncaknya ada pada bulan lalu. Aku merasa dunia begitu berisik, entah memang begitu adanya atau hanya aku saja yang merasakannya. Kurasa orang-orang sekitarku pun tidak menyadari apa yang sedang aku alami. Sebab, canda yang mendulang tawa selalu kulakukan di depan mereka itu semua untuk menutupi duka dan lara yang sedang kurasakan; yang menyebabkan hadirnya rasa ingin menghilang. Ada banyak hal yang merasuki isi pikiranku; dan benar-benar menganggu kehidupanku. Dan yang lebih menyebalkan adalah kebanyakan dari pikiran-pikiran itu adalah hal yang tidak perlu untuk aku pikirkan pada saat-saat seperti ini. Hari demi hari amat be

[Review] Jajangmyeon (자장면) - By Ria SW x Omija

Hi foodis.. Pasti kalian tahu kan siapa itu Ria SW? yaps food vloger asal Indonesia dong yang pasti. Kalo kalian subscribe YouTube Channelnya Ria SW pasti tahu dong menu baru-baru ini Itaewon Class yang mungkin terinspirasi dari salah satu drama asal Korea Selatan. Buat foodis yang belum nonton jangan lupa nonton ya. hehehe  Btw, sedikit cerita ya drama Itaewon Class bagus banget buat generasi milenial buat melek secara finansial juga lho.. pokoknya banyak manfaat yang bisa didapat dari drama itu. Eh, kan jadi salah fokus hehe Ok foodis, jadi Ria SW membuat menu baru Itaewon Class menu yang sudah pernah aku coba yaitu Jajangmyeon  (자장면) dan sebetulnya masih ada menu lainnya ya tapi aku belum mencobanya.  Nah, pada menu kali ini si Jajangmyeon  (자장면) ada dua ya macamnya spicy sama original dari segi isinya aku kasih bocoran ya sebelum membeli hehe jadi dalam satu kotak Jajangmyeon  (자장면) beberapa bahan masakan yaitu: 1. Mie siap masak 2. Saus Jajangmyeon  (자장면)  3. Sayuran 4. Beef Cube

Pulau Seribu

Setelah sekian lama tidak melangkahkan kaki untuk berjalan jauh, akhirnya hari itu tiba. Jumat 16 Agustu 2020 aku bersama 2 temanku berlibur ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Liburan kali ini sama sekali tidak masuk dalam list liburanku sebelumnya. Dengan adanya kondisi COVID-19 aku pun menghapus semua list liburan yang sudah aku rencanakan sejak tahun lalu. Pulau seribu adalah tempat pelampiasan terindah yang aku rasakan saat itu. Bagaimana tidak? Setelah sekian lama tidak bepergian saat libur panjang karena adanya COVID-19. Buat yang tinggal di Jakarta mungkin Pulau Seribu tepat untuk melepas rasa penat. Nah, kali ini aku akan bercerita sedikit pengalamanku 2 hari 1 malam selama di Pulau Seribu. Memang benar liburan kali ini tidak ada dalam list liburanku. Keberangkatan ke Pulau Seribu adalah keinginanku yang muncul secara tiba-tiba dalam pikiranku. “Mungkin hari minggu ke Pulau Seribu enak ya, apalagi ke Pulau Pari” Batinku berkata Oh iya, pada awalnya memang aku berencana i

Saving Vs Investing

Jika kalian bertanya orang lain apa perbedaan saving atau menabung dan investing atau berinvestasi? Saya yakin pasti lebih dari setengah akan mengatakan investasi itu berbahaya, judi dan merugikan. Padahal 80% orang-orang yang mengatakan tidak pernah terjun di dunia investasi. Sebelum membahas mari kita bandingkan terlebih dahulu perbedaan antara saving(menabung) dan Investing(Investasi). Menabung adalah proses menyimpan atau mengumpulkan uang untuk tujuan kebutuhan financial dalam waktu pendek   biasanya kurang lebih 1-3 tahun. Tujuan dari saving adalah melindungi atau mengalokasikan uang untuk kebutuhan uang kita dalam waktu dekat dan resiko saving sangat rendah. Namun hasil atau returnnya pun rendah bahkan tidak bisa melindungi nilai uang kita dari inflasi, beda dengan investing atau berinvestasi. Investing adalah proses jangka panjang biasanya lebih dari 3 tahun dengan mengalokasikan uang kita untuk membeli produk-produk investasi seperti emas, obligasi, re

Iman Tak Sama Jilid 2

Setelah turun dari bus yang aku tumpangi bersama dia tak henti-hentinya aku memikirkan sikap Ringgo kepadaku hari ini “Ada apa dengan dia sebenarnya, sikapnya sangat aneh padahal kita tidak begitu dekat” “Ah sudahlah, tidak penting untuk dipikirkan” Batinku berbicara. Malamku terjaga saat memikirnkan kejadian sore tadi. Satu minggu berlalu aku tidak melihat dia bahkan kabarnya pun aku tidak mendengar. Sebenarnya apa yang sedang terjadi. Tiba-tiba ponselku berbunyi notifikasi pesan masuk. “Hai, apa kabar? Semoga kamu baik-baik saja” “Nanti sore kita bertemu dihalte yang sama” “Mungkin spam tak perlu aku menganggap serius pesan ini” Tiba pukul 16.00 WIB jam kerja sudah berakhir waktunya berkemas untuk pulang. Setibanya di halte pria yang duduk dibangku halte terus memandang ke arahku dari kejauhan. “Ah, Cuma perasaanku saja” Sesampainya aku di halte itu … “O..” “Kenapa, ada yang salah dengan ku?” Ternyata pria itu Ringgo, s