3 Day 2 Night - Lombok

 

Lombok yang menakjubkan dengan pantai-pantai mempesona, pemandangan bukit dan gunung rinjani yang indah, serta keindahan bawah laut yang luar biasa. Lombok Nusa Tenggara Barat yang akan memanjakan mata bagi siapa yang datang ke sana baik di darat maupun di air. Tidak heran, pulau ini menjadi salah satu destinasi paling populer di NTB.

Setiap perjalan demi perjalan saya membagikan momen pada sosial media di mana saat saya mengunjungi beberapa destinasi yang ada di Lombok. Dari situ, tidak satu atau dua orang yang ingin tahu berapa budget berlibur ke Lombok. Nah, di sini selain saya menulis itinerary selama di Lombok, saya juga akan info budget liburan ke Lombok.

Lombok memiliki beberapa pulau dengan keindahannya, salah satunya Gili Trawangan yang berpusat di sebelah barat laut Lombok. Gili Trawangan memiliki nuansa "pesta" daripada 2 gili lainnya, Gili Meno dan Gili Air. 


Berkunjung ke Gili Trawangan kamu perlu menempuh perjalan laut lagi setelah tiba di Bandara International Lombok. Perjalanan darat yang akan ditempuh kurang lebih 1 Jam 45 Menit menuju pelabuhan Bangsal. Kemudian, melanjutkan perjalanan laut 30 Menit menuju Gili Trawangan.

Sesampainya di Gili Trawangan, jangan heran jika di sana banyak yang menawarkan sepeda dan cidomo (Kereta Kuda atau Andong) karena memang alat transportasi di sana menggunakan sepeda atau cidomo. Di sana selain menikmati keindahan laut, matahari terbit dan terbenam. Kamu juga dapat menikmati keindahan dasar laut dengan snorkeling di beberapa Gili. Sayangnya kemarin saya dan 3 teman lainnya tidak snorkeling karena hanya 1 hari singgah di Gili. 

Gili Night Market salah satu tujuan para wisatawan saat berkunjung ke Gili Trawangan. Termasuk saya dan 3 teman saya mengunjungi Gili Night Market untuk menikmati seafood yang masih segar dan makanan khas Lombok yaitu nasi campur. 

Hari pertama sudah dimanjakan oleh keindahan Gili Trawangan. Di hari kedua yang sangat spektakuler, saya bersama 3 teman lainnya berkunjung ke beberapa lokasi yang berada di Lombok Tengah. Pertama, yang kami kunjungi Sirkuit Mandalika. 



Kemudian setelah dari Sirkuit Mandalika, kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kuta Mandalika. Tidak hanya di Bali yang memiliki Pantai Kuta, di Lombok pun ada pantai yang dinamai Kuta. Pantai Kuta di Lombok tidak kalah eksotis dengan yang ada di Bali. 


Beberapa saat setelah beristirahat di Pantai Kuta, kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai Mawun yang berlokasi di Jalan Mawun, Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 17 Menit dari Kuta Mandalika. Sesampainya di sana, lagi-lagi mata dimanjakan oleh keindahan laut dan bukit yang ada di Pantai Mawun. 

Laut yang biru, bukit yang menjulang tinggi dan suasana yang tenang membuat rasa lelah hilang. Pantai Mawun bak Pantai tersembunyi tidak terlalu ramai pengunjung seperti Pantai Kuta. Sebetulnya, masih banyak pantai yang indah di Lombok seperti Selong Belanak dan Pantai Aan yang berlokasi berdekatan.

Kalau kamu ke Lombok jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Mawun. Setelah dari Pantai Mawun kami bergegas menuju destinasi ke 3 yaitu Desa Sade atau yang sering di sebut dengan Sade Village. 

Sade Village berlokasi yang tidak jauh dari Pantai Mawun jarak tempuhnya kurang lebih 27 Menit. Oh iya, kami explore Lombok menggunakan transportasi Motor yang kami sewa di salah satu sewa motor di Lombok. Sade Village atau Dusun Sade dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Karena keunikannya, Desa Sade menjadi salah satu destinasi wisata saat Wisatawan berkunjung ke Lombok. 

Sade Village meski berlokasi di pinggir jalan raya yang beraspal, ketika kamu masuk kedalamnya suasananya akan berubah. Penduduk Desa Sade masih berpegang teguh menjaga keaslian desa. Dapat dikatakan, Desa Sade adalah cerminan suku asli Sasak Lombok walaupun sekarang listrik dan program pemerintah sudah masuk di sana, Desa Sade masih menampilkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok.


Selain rumah-rumah yang terlihat tradisional, budaya yang menonjol di Desa ini yaitu tenun khas Lombok. Jangan heran kalau kamu masuk sudah di suguhkan dengan hasil tenun. Pasalnya, salah satu sumber pencaharian warga sekitar adalah dengan berjualan hasil tenunan. 

Banyak cerita unik dan menarik saat berkunjung ke Desa Sade ini. Jadi, kalau kamu berlibur ke Lombok wajib dateng nih ke Desa Sade selain liburan kamu juga dapat wawasan baru. 

Itu beberapa destinasi selama saya di Lombok. Langsung saja, berikut detail budgeting untuk Liburan ke Lombok:


Masih banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Lombok. Berhubung kesempatan berlibur saya dan 3 teman saya hanya 3 Hari 2 Malam saja jadi tidak bisa explore lebih banyak di Lombok.

Itu saja yang bisa saya bagikan pengalaman selama di Lombok, semoga bisa jadi refrensi teman-teman yang ingin berlibur ke Lombok.

-Happy Holiday




No comments:

Powered by Blogger.