Skip to main content

Tips Menabung Untuk Traveling



Siapa si yang tidak ingin liburan, pasti setiap orang ada keinginan buat liburan. Tapi liburan butuh uang untuk beli tiket, pesan hotel, dan biaya hidup di sana selama liburan.

Sedangkan uang yang buat liburan tidak punya. Nah jangan khawatir pada artikel ini aku akan membagikan tips buat kalian yang ingin traveling.

Sebelum aku membagikan tips ke kalian aku akan berbagi pengalaman sedikit tentang pengalamanku selama aku menabung buat traveling.

Awalnya aku berfikir bagaimana ya aku bisa traveling ke tempat-tempat yang aku ingin tuju tapi tidak menghabisakan tabungan utamaku buat masa depan nanti. Ceilah masa depan

Sedangkan kalau di pikir-pikir traveling kan mahal, apalagi kalau destinasi ke luar negeri.

Pada suatu ketika ide aku muncul secara tiba-tiba pada waktu yang kurang pas menurutku yaitu saat di toilet hehe

Entah kenapa ya, kalau di toilet pasti ada ide yang tiba-tiba muncul.

“Oh iya kenapa aku tidak menabung secara rutin setiap bulan tapi bikin rekening khusus buat liburan ya?” Tanyaku sambil asik mendengarkan suara IU-Good Day yang ada di play list ipodku.

Sedangkan aku dapat gaji setiap bulan dari hasil kerjaku kan setidaknya bisa aku sisihkan buat traveling. Awal menyisihkan uangpun di mulai.

Pada ke esokan harinya aku mengunjungi salah satu bank untuk membuka rekening baru karena menurut aku kalau menabung hanya dalam satu rekening mungkin mustahil.

Tau sendiri lah ya anak muda banyak godaan sale online shop dan pas lagi jalan-jalan di mall pasti mata tidak hanya puas dengan melihat saja. Hehe

“Selamat Pagi, ada yang bisa saya bantu?” Sapaan mas-mas satpam yang mempesona

“Wah ganteng ya masnya, di dalam hatiku berbicara seperti itu” tuh kan salfok

“Iya mas saya mau membuka rekening baru”

“Baik mohon di tunggu ya ini nomor antriannya, silakan duduk di sebelah sana” sambil tersenyum ke arahku

“Terima kasih Mas” tak lupa aku pun membalas senyumnya

Setelah menunggu kurang lebih 10 menit akhirnya akupun terpanggil. Etss bukan terpanggil sama mas-mas satpam ya hehe

“Hallo selamat pagi, ada yang bisa saya bantu?”

“Iya, mba saya mau buat rekening baru, buat tabungan saja”

“Boleh bisa di bantu untuk KTP.nya”

“Boleh”

Setelah kurang lebih 15 menit berurusan dengan mba-mba teller akhirnya aku sudah memiliki rekening yang khusus buat travelling.

Dengan menggunakan rekening terpisah itu lebih mudah kita untuk menabung. Karena dengan uang yang sudah kita keluarkan itu pasti tidak mungkin kita gunakanakan lagi. Betul tidak hehe

Setelah aku membuka rekening secara terpisah setiap bulannya aku menyisihkan 5% dari gajiku untuk menabung buat traveling.

Menurut aku liburan itu penting bagi siapa saja. Karena dengan berlibur otak kita fresh dengan melihat keindahan dunia di luar sana.

Kita sudah berusaha keras untuk bekerja mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Kita perlu untuk membahagiakan diri sendiri dari penatnya pekerjaan yang sudah kita lalui setiap hari.

Nah sampai sekarang pun aku masih menerapkan kebiasaanku menyisihkan 5% dari gajiku untuk traveling ke tempat yang ingin aku tuju.

Karena dengan seperti itu aku bisa traveling ke suatu tempat.

Mudah kok kalau kalian emang benar-benar ingin melakukan itu. Percaya sebesar apapun keinginan kita kalau di bantu dengan sekuat tenaga untuk berusaha maka hasilnya akan indah pada waktunya.

Nah Kali ini aku akan memberi tips buat kalian yang ingin menabung buat traveling :
1. Tujuan kalian menabung untuk apa?

2. Buat rekening secara terpisah agar kalian bisa menyisihkan dari rekening yang biasa kalian pakai untuk biaya hidup.


3. Sisihkan paling tidak 5% -10% dari gaji kalian atau uang saku kalian karena itu kunci utama.

4. Jika kalian menginkan barang yang tidak begitu penting buat kalian jangan dibeli mending uangnya di tabung lagi buat nambah-nambah tabungan.


5. Pengeluaran jangan lebih besar dari pada pemasukan karena itu akan sulit untuk menabung.

6. Oh iya, biasakan mencatat sekecil apapun kegiatan kita saat mengeluarkan uang. Karena dari situ kita tau uang kita akan larinya ke mana.


7. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Semoga tips yang aku tulis pada artikel ini dapat bermanfaat buat kalian sedang berencana traveling tapi masih bingung di ongkos.

Berbahagialah dengan cara kalian sendiri, karena Bahagia itu penting. Uang habis masih bisa di cari, tapi mungkin tidak denga waktu dan pengalaman.

Comments

  1. Jadi pengen nabung abis itu travelling sendiri Mbak Vin, hehe

    ReplyDelete
  2. semangat menabung.. biar bisa lihat dunia luar..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertemuan Jilid 2

Bukan Akhir dari Pertemuan Selang beberapa hari karno mencoba ingin menemui sang cewek yang karno sukai diarea masjid yang biasa karno sama ahmad melakukan sholat. “emmm dimana ya, astaghfirullah ya Allah hamba berjalan ke Masjid berniat untuk beribadah, semoga pertemukanlah hamba kepada orang yang hamba ingin jumpai (Aamiin). Tapi takdir berkata lain, mungkin Allah belum mempertemukan mereka kembali. Sudah seminggu karno beribadah di masjid biasa akan tetapi tidak pernah menjumpainya. “kenapa si No kok lu clingak cllinguk ”, “Itu mad gue nyari itu pengen kenalan keinget omongan lu kemarin”. “Oh.. gitu yauda syukurlah”. “tapi gue nggak pernah liat mad akhir – akhir ini kenapa ya?”, “Ya mungkin lagi ada tamu bulanan jadi nggak ke masjid”,” oh iya ya, ayo balik mad kita kan mau ke kampus”. Sepulang dari kampus karno pun berniat untuk mampir ke Perpustakaan Nasional, “Eh mad lu pulang duluan deh gue mau ke perpus bentar mau baca – baca”, “Yoi..” (Perjalanan M

One day in Yogyakarta

Siapa yang tidak tau kota Yogyakarta atau sering di sebut-sebut Jogja istimewa terkenal dengan khas makanannya yaitu gudeg. Dari kalian pasti sudah pernah berlibur ke kota Yogyakarta untuk melihat ke istimewaan serta keindahan kota tersebut. Pada artikel kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku satu hari di Jogja istimewa. Pasti terdengar konyol kenapa cuma satu hari di Jogja, kenapa nggak satu minggu atau satu bulan untuk menikmati liburan. Ya, aku pun sepemikiran tapi dalam satu hari itu membuat pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Bagaimana bisa? 3 tahun yang lalu aku bersama 3 teman ku yaitu Jeje, Pipil, dan Kholil berencana berlibur ke Jogja selama 3 hari dengan mengendarai sepeda motor. Awalnya kedua orang tuaku melarang untuk bepergian ke Jogja karena kami berempat menggunakan transportasi yang tidak masuk akal yaitu sepeda motor. Sedangkan kami berempat masih berstatus siswa smk dan belum menerima surat kelulusan. Wajar saja kalau orang tua mengkhawat

Iman yang Tak Sama

Mencintai adalah landasan dalam sebuah hubungan sepasang kekasih. Tetapi iman yang tak sama membuat hati ini ragu akankah kisah kita berjalan sesuai rencana? Mungkin saling mencintai saja tidak cukup untuk membuat kita saling memiki. Pernikahan hanyalah angan-angan yang tidak akan tersampaikan. Kisah cintaku ingin berakhir bahagia bak cerita novel tapi mungkin iman yang memisahkan. Hai, aku Rachma umurku 21 tahun aku bertemu dengan seseorang yang sangat bisa mengenal diriku. Ringgo, iya dia bernama Ringgo, lelaki baik berparas tampan dan berbadan lebih tinggi dariku. Awal mula pertemuan aku dengan Ringgo pada saat kita sama-sama bekerja disalah satu perusahaan  yang ada di pusat kota.  Ringgo : “Hay, aku Ringgo” Sapaan dengan senyum hangat yang kulihat darinya yang menatap kepadaku. “Hay, Rachma” Balasku sambil melempar senyum manisku kepadanya. Pertemuan singkat yang membuatku salah tingkah dan tidur malamku terjaga. “ya Allah, pertemukan k